Tata Cara Sholat Sunat Safar Niat dan Artinya Terlengkap

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Sunat Safar Niat dan Artinya Terlengkap- Sholat sunat safar termasuk sholat sunat yang tidak disunatkan berjama’ah. Sholat ini adalah hendak bepergian jauh. Sebelum berangkat maka disunatkan sholat sunat safari dulu.

Diterangkan dalam hadist: Tidak ada penggnti seseorang di rumahnya yang lebih disukai Alloh dari pada sholat empat raka’at tatakala selesai berpakaian untuk untuk bepergian.

Nah disini saya akan menerangkan sedikit tentang sholat safari ( sholat perjalanan). Bagi orang yang suka bepepergian kemanapun, maka hendak di sunatkan untuk melaksanakan sholat safari dahulu,supaya kita selamat selama dalam perjalannya.
Maka dari itu yalla shoot pula apabila kita mau bepergian kemanapun di sunatkan untuk melaksanakan sholat safari, supaya kita selamat dan di berkahi oleh Alloh dalam perjalanannya.


Untuk lebih afdholnya di dalam sholat tersebut di utamakan harus beresih badannya,pakeannya juga tempatnya, sama halnya dengan sholat lainnya.
Ketika kita mau berangkat kemanapun yang kita tempuh waktu selesai berpakaian menjelang keluar dari rumah, lalu bersiaplah untuk melaksanakan sholat safari, namun harus mempunyai wudhu dulu, karena wudhu adalah salah satu syarat untuk syahnya sholat.

Adapun banyaknya rakaat, bias dua rakaat atau empat rakaat

Niatnya untuk dua rakaat



Ushalli sunnatassafari rak’ataini lillaahi ta’aalaa Allaahu Akbar.


Aku niat sholat safari dua rakaat karena Allah ta’alaa Allaahu Akbar

Niat untuk yang empat rakaatnya

Ushalli sunnatassafari arba’a raka’aatin lillaahi ta’aalaa, Allaahu Akbar

Aku niat sholat sunat safari empat rakaat karena Allah ta’aalaa, Allaahu Akbar.


Sesudah niat, lalu membaca do’a Iftitah di teruskan membaca surat Fatihah, sesudah Fatihah membaca sutrat yang lainnya . Jika tidak memungkinkan atau terburu-buru untu berangkat tidak perlu membaca surat. Setelah selasai sholat sunat safari, lalu keluar dari rumah dan membacakan do’a yaitu:


Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi walaa haula walaa quwwata illa billaah.

Denga nama Alloh, aku berserah diri kepada-Mu dan tidak ada daya upaya kecuali pertolongan Alloh.

Setelah keluar dari rumah apabila kita mau naik kendaran apapun hendaklah membaca do’a dulu, supaya didalam kendaraanny selamat dan sampai dengan tujuan. Yaitu yang dibacanya:


Maha suci Alloh, yang memudahkan kendaraan ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Setelah sampai pada tujuan, sebaiknya tasyakuran, sekurang krangnya membaca Alhammdulillah

Bagi siapa saja yang hendak akan melaksanakan perjalanan jauh lalu kita naik kendaraan, disini saya sudah menyediakan tentang cara melaksanakan sholat safari,niat do’a naik kendaraan,do’a keluar rumah, arab dan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Sekian dan terimakasih pembuatan artikel tentang tata cara sholat safari, semoga ada manfaatnya khususnya bagi saya, umumnya bagi orang yang membacanya Amiin.
Tdak ada kata yang paling akhir kucuali membaca kalimah Tahmid ( Alhammdulillah ).


Advertisement