Tata Cara Sholat Tahajud Niat Dan Doanya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Tahajud Niat Dan Doanya - Sholat tahajud Adalah Sholat Tengah malam atau disebut Qiyamul lail. Maka dari itu kita selaku umat muslim di sunnatkan untuk mengerjakannya,walaupun sifatnya sunnah maka kita sebaiknya melaksanakannya.

Cara Mengerjakan Sholat Sunnat Tahajud sebenarnya masih sama dengan cara mengerjakan sholat pada umumnya yang di awali dengan bacaan niat sholat yang di akhiri dengan salam, hanya saja perbedaan niat.

Karna sholat sunnat tahajud di laksanakannya pada malam hari atau setelah bangun tidur dengan jumlah raka'at minimal 2 Rakaat maksimal tidak terbatas yang masing masing pada Raka'at kedua di barengi dengan Salam. Waktu mengerjakan Sholat Sunnat Tahajud dilakukan hanya pada tengah malam hari setelah sholat isya sampai masuk waktu sholat subuh, maka untuk mengerjakan Sholat Tahajud di sunatkan tidur walaupun sekejap. Dan apabila tidak tidur sama dengan Sholat sunat biasa ( witir )

Dan siapa saja yang sering-sering melaksanakan Qiamul lail atau tahajud maka Alloh SWT akan mengabulkan saga permonan bagi hamba Nya.


Adapun Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud di antaranya ;

1. Berniat untuk melaksanakan sholat tahajud

Untuk niat sholat tahajud tidak jauh berbeda atau hampir sama dengan sholat sunnah lainnya, cukup pendek dan mudah untuk diingat. Niat sholat tahajud adalah sebagai berikut :

Niat sholat tahajud Arabnya

Yang Artinya : Aku niat sholat sunnat tahajud dua rakaat karna Alloh Ta'ala.

2. Setelah membaca niat dilanjutkan dengan membaca takbir ( Allohhuakbar )

اَللهُ أَكْبَرُ

3. Dan dilanjukan dengan bacaan do'a Iftitah sama halnya dengan sholat biasa

اَلله أَكْبَر كَبِيْرًا وَالحَمْدُلِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَأَصِيْلاً . وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ المُشْرِكِيْن . إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْن لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ المُسْلِمِيًن.

Arti Bacaan Doa Iftitah :

“Allah Maha Besar lagi sempurna kebesarannya, segala puji bagi Allah dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Ku hadapkan muka dan hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim.”

Adapun orang yang menegakan Qiamul lail ( Tahajud ) akan terpelihara dari gangguan syetan yang terkutuk, dan bangun di pagi hari dalam keadaan segar dan beresih jiwanya

Setelah mengerjakan sholat tahajud di utamakan membacakan doa , karna doa merupakan permohonan kepada Alloh SWT.

Doa Setelah Shalat Tahajud

Setelah selesai shalat tahajud hendaknya kita perbanyak istighfar memohon ampuna Alloh SWT.Sebenarnya tidak ada bacaan doa tertentu yang dikerjakan setelah sholat tahajud,Namun kebiasaan Rasulullah SAW Selalu membaca Doa Berikut ini setelah shalat Tahajud.

.اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: "Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau"

Dan selanjutnya alangkah baiknya pula membaca Do'a keselamatan Dunia dan Akhirat Yaitu :

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".(QS, 2:201)

Mungkin yang bisa sampaikam mengenai Tentang Sholat Tahajud Yang Sempurna di cukupkan sekian saja Insya Alloh untuk melanjutka artikel yang lengkap bisa di sambung lain kesempatan. Dan mohon maaf bila ada tutur kata atau penulisan yang kurang berkenan atau memuaskan, mudah-mudahan yang membaca artikel ini dapat pahala dari Alloh SWT Amiin Ya Alloh Ya Robbal'alamin.
Advertisement