Tata Cara Mengerjakan Sholat Sunat Istisqa

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Mengerjakan Sholat Sunat Istisqa, Sholat sunat Istisqa adalah memohon kepada Allah SWT turunnya hujan untuk kebutuan air yang sangat mendesak. Dengan demikian sholat sunat istisqa berarti sholat yang dilakukan dalam rangka memohon hujan kepada Allah swt.. sholat istisqahukumnya sunat mu'akad.

Adapun untuk cara sholat Istisqa diharafkan semua jama'ah memperbanyak istigfar (memohon ampunan kepada Allah atas semua dosa yang telah dilakukannya)
Tiga hari sebelum sholat istisqa disunatkan puasa dulu dan meninggalkan kedzaliman serta dianjurkan beramal shaleh.




Pada hari keempat semua penduduk termasuk yang lemah akan pergi ke tempat yang lapang dengan berpakaian sederhana dan tanpa wangi-wangian untuk solat istisqa'. Solat ini juga diiringi dengan dua khutbah selepas solat. Pada khutbah pertama hendaklah membaca istighfar 9 kali dan pada khutbah kedua 7 kali

Niat Sholat Istisqa
  

Artinya : aku niat sholat Istisqa dua raka'at karna Allah Ta'ala

Sholat Istisqa ini dilakukan dua raka'at ditanah lapang,pada rakaat pertama membaca takbir sebanyak 7x untuk rakkat kedua membaca takbir 5x, sama sepert halnya sholat hari raya.Imam hendaknya membaca surat Al'ala pada rakaat pertama setelah fatihah, untuk rakaat kedua setelah fatihah membaca surat Al-Ghasiyah. Setelah sholat istisqa imam membaca dua khutbah. Khutbah pertama diawali dengan bacaan Istigfar 9 kali, Khutbah kedua membaca istgfar 7 kali.

Mingkin artikel tentang sholat istisqa dicukupkan sekian, mohon maaf bila ada
Advertisement