Hari Raya Idul Fitri Satu Syawal 2018 Jatuh Pada Hari Dan Tanggal

Advertisement
Advertisement
Hari Raya Idul Fitri Satu Syawal 2018 Jatuh Pada Hari Dan Tanggal - Pada hitungan bulan hijriyah atau qomariyah pada hari raya idul fitri sudah jatuh pada bulan syawal, karena kalau menurut hitungan kalender Hijriyah bulan syawal sudah termasuk pada hitungan bulan yang ke sepuluh. Bualan tersebut memiliki pristiwa yang sangat istimewa, krena seluruh umat islam diseluruh penjuru duniavsetelah melaksanakan ibadah puasa sebulan lamanya pasti akan menanti dengan kedatangan hari raya idul fitri.

Hari raya Idul Fitri atau biasa disebut lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal penanggalan Hijriyah. Kalau dihitung berdasarkan kalender masehi, tanggal 1 Syawal ini selalu jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya.

Bahkan pada tahun 2000 lalu, umat Islam merayakan Idul Fitri sebanyak dua kali: di bulan Januari dan Desember. Hal ini akan terjadi lagi di sekitar tahun 2035 dan 2036. Untuk tahun ini, Idul Fitri jatuh pada hari rabu tanggal 13 Juni 2018 dalam kalender Masehi dan tanggal 1 Syawal 1439 dalam kalender Hijriyah


Idul Fitri atau lebaran adalah acara penting bagi umat Islam di Indonesia untuk saling berkumpul dan bersilahturahmi bersama sanak saudara dan keluarga. Di Indonesia, ada banyak tradisi lokal yang kini menjadi bagian acara lebaran yang tidak dijumpai dalam acara Idul Fitri di Timur Tengah atau negara-negara lainnya. Salah satunya adalah halal bihalal atau saling memaafkan di saat lebaran yang bermula sejak dakwah Wali Songo di abad ke 15.

Acara sunkem terhadap orang tua juga merupakan tradisi lokal yang menjadi bagian dari acara lebaran di Indonesia. Tak lupa adalah ketupat yang dipercaya berasal dari bahasa Jawa kupat atau ngaku lepat (mengakui kesalahan). Anyaman daun kelapa pembungkus ketupat melambangkan keasalahan dan dosa yang dilakukan manusia, sedangkan ketupat putih di dalamnya melambangkan kebersihan hati setelah memohon maaf dari segala kesalahan.

Mungkin artikel tentang mengenai Hari raya Idul Fitri dicukupkan sekian seboga bermanfaat Amiin
Advertisement