Hukum Sholat Berjamaah Bagi Laki-Laki Dan Perempuan

Advertisement
Advertisement
Hukum Sholat Berjamaah Bagi Laki-Laki Dan Perempuan,Sholat merupakan salah satu kewajiban umat islam, karena sholat termasuk rukun islam yang ke lima.
Namun disini yang diwajibkan untuk yang diberjamaahkan utamanya sholat yang lima waktu, seperti Dzuhur,asyar maghrib, Isya dan Shubuh. Maka kita selaku umat muslim bagi kaum adam seharusnya sholat berjamaah dilakukan di mesjid.



Dalil dari Al-Qur’an Mengenai Wajibnya Shalat Berjama’ah di Masjid bagi Laki-Laki

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ


“Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS. Al-Baqarah: 43)

TERJEMAH PER KATA
وَأَقِيمُوا۟ = dan dirikan olehmu, ٱلصَّلَوٰةَ = sholat, وَءَاتُوا۟ = dan tunaikan, ٱلزَّكَوٰةَ = zakat, وَٱرْكَعُوا۟ = dan ruku'lah kamu, مَعَ = beserta, ٱلرَّٰكِعِينَ = orang-orang yang ruku',

TAFSIR JALALAIN

(Dan dirikanlah sholat, bayarkan zakat dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk)
artinya salatlah bersama Muhammad dan para sahabatnya. Lalu Allah Taala menunjukkan kepada para ulama mereka yang pernah memesankan kepada kaum kerabat mereka yang masuk Islam, `Tetaplah kalian dalam agama Muhammad, karena ia adalah agama yang benar!
Ayat tersebut menunjukkan perintah melaksanakan shalat bersama orang-orang yang melaksanakan shalat yaitu dengan berjama’ah di masjid.

Bagi Perempuan, Lebih Baik Shalat di dalam Rumah

Adapun untuk perempuan maka lebih baik shalat di rumahnya sendiri.

“Sebaik-baik tempat shalat bagi kaum wanita adalah bagian paling dalam (tersembunyi) dari rumahnya.” (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi, hadits shahih)

Namun, seorang suami hendaknya tidak menghalangi istrinya yang hendak pergi ke masjid untuk ikut shalat berjama’ah dengan syarat menutup aurat dan tidak memakai wangi-wangian serta memperhatikan adab-adab yang lain.

"Jangan kamu melarang istri-istrimu (shalat) di masjid, namun rumah mereka sebenarnya lebih baik untuk mereka." (HR. Ahmad, Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)

"Janganlah kalian melarang para wanita (pergi) ke masjid dan hendaklah mereka keluar dengan tidak memakai wangi-wangian." (HR. Ahmad dan Abu Daud, hadits shahih)

Keutamaan Shalat Berjama’ah di Masjid

Shalat berjama’ah di masjid memiliki banyak keutamaan, antara lain

1.Shalat berjama'ah di masjid lebih baik 27 kali dari pada shalat sendirian
2.Dinaikkan derajatnya dan dihapuskannya dosa pada setiap langkah kaki seseorang yang
menuju ke masjid untuk shalat berjama’ah
3.Dibacakan shalawat dan dido’akan oleh para malaikat
4.Dapat berkumpul dengan orang-orang shalih, dan keutamaan-keutamaan lainnya


Laki-laki, Mari Shalat Berjama’ah di Masjid

Melalui Artkei ini, kami mengajak setiap laki-laki muslim untuk senantiasa melakukan shalat berjama’ah di masjid. Semoga Allah memudahkan setiap langkah kaki kita menuju masjid.



Advertisement