Doa Sebelum Makan Lengkap Arab Dengan Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa Sebelum Makan Lengkap Arab Dengan Artinya - Makanan yang halala menurut hukum Islam menjadi dua kelompok yaitu makanan yang halal yang ada di daratan dan makanan yang ada di air. ketentuan makan yang yang halal menurut hukum Islam adalah makan yang baik , suci, tidak merusak badan dan tidak najis. Alloh SWT berfirman di dalam Al Qur'an Surat Al-'Araf Ayat : 157

Yang artinya : " Dan Alloh menghalalkan bagi mereka segala yang baik , dan menghalalkan bagi mereka segala yang buruk-buruk:

1. Tentang Makan halal yang hidup di darat
    Makan yang hidup di darat banyak sekali jumlahnya, akan tetapi tidak dijelaskan semuanya,hanya sebagian kecil saja sebagai contoh agar kita dapat membedakan mana makanan yang halal dan mana makanan yang haram.


Adapun jenis makanan yang halal hidup di daratan antaralain sebagai berikut :
a. Bebagi makanan pokok  sepert padi,jagung,gandum dan sebagainya
b. Bebagi Jenis ubi-ubian ketela pohon,kentang dan sebagainya
c. Buah-buahan seperti mangga,anggur,apel,salak dan sebagainya
d. be erapa binatang yang hidup di darat seperti kambing, kerbau, ayam dan sebagainya. Alloh SWT berfirman :
Artinya : " Hai sekalian manusia,makanlah dari apa yang terdapat di bumi yang halal dan baik.: ( Qs. Al-baqarah : 168 )

2. Makan halal yang hidup di air
    Makan yang hidup di air, baik air tawar maupun air laut halal di makan seperti: ikan, belut, lele dan cumi. Binatang yang hidup di air ini hukumnya halal, baik di tangkap dalam keadaan hidup atau mati. Alloh SWT berfirman :
Artinya : " Dihalalkan bagimubinatang buruhan laut dan makan yang berasal dari laut sebagai makan yang lezat bagimu dan bagi orang-orang dalam perjalanan " ( Qs. Al Maidah :96)
Supaya lebih barkah untuk melaksanakan makan alangkah baiknya kita membaca do'a dulu, karena do'a merupakan suatu permohon pertolongang Alloh SWT. Berikut Do'a sebelum Makan yang benar.
Sekian artikel tentang Do'a sebelum makan dan tentang makan yang halal, semoga ada manfaatnya Amiin.
Advertisement