Tentang Pengertian Dan Hukum Qurban

Advertisement
Advertisement
Tentang Pengertian Dan Hukum Qurban - Kata qurban asal katanya Qoruba artinya dekat. sedangkan menurut istilah adalah menyembelih hewan kambing, kerbau. sapi atau unta pada hari raya Idul Adha dan hari Tasyriq, yaitu tanggal 10,11,12 dan 13 Dzulhizah dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Hukum qurban adalah sunnah muakkad ( sunnah yang sangat di anjurkan oleh Rasululloh Saw). Alloh SWT  berfirman :



Yang artinya : " Sesungguhnya kami telah memberimu ( Muhammad) nikmat yang banayak. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang yang membencimu dialah yang terputus ( dari rahmatmu)". ( Qs.Al-Kautsar : 1-3 )

     Adapun umur binatang yang syah untuk dipakai qurban adalah sebagai berikut:
a kambing domba ( gibas ) umur satu 1 lebih
b Kambing biasa umur 2 tahun lebih
c Kerbau/sapi umur 2 tahun lebih
d Untu berumur 5 tahun lebih




Untuk waktu untuk pelaksanaan qurban
Waktu pelaksanaan qurban ialah sesudah shalat 'Idul Adha 9( tanggal 10 Dzulhizah) dan tiga hari tasyrik ( tanggal 11,12 dan 13 Dzulhuzah ). Berakhirnya pada hari tasyrik yang terakhir sampai matahari terbenam. Rasulullah Saw bersabda:
Artinya : " Semua hari tasyrik ( tanggal 11,12 dan 13 Dzulhuzah) adalah ( waktu ) menyembelih qurban ". (HR .Ahmad)

Waktu untuk pembagian daging qurban
Apabila qurban adalah qurban nadzar ( yang hukumnya wajib), maka seluruh daging qurban wajib wajib dibagikan kepada fakirmiskin dan yang berqurban tidak boleh makan daging itu jika qurban itu adalah qurban sunnah (qurban biasa) maka yang berqurban boleh memakan sebagian kecil dari qurbannya. Daging qurban tidak boleh dijual termasuk kulitnya. Hal ini berdasarkan Hadist Rasulullah Saw.
Artiny : " Janganlah kamu menjual daging denda haji dan daging qurban, dan makanlah, sedekahkanlah dagingnya itu serta ambilah manfaat kulitnya dan jangan engkau menjual kulitnya". ( HR. Ahmad )
 Mungkin artikel tentang pengertian dan hukum qurban dicukupkan sekian, semoga ada manfaatnya amiin.
Advertisement