Cara Mengerjakan Sholat Sunat Tahiyatul Masjid Dan Niatnya

Advertisement
Advertisement
Cara Mengerjakan Sholat Sunat Tahiyatul Masjid, Sholat merupakan salah satu kewajiban umat islam untuk ber ibadah kepada Alloh SWT, karena sholat termasuk rukun islam yang kelima.

Sholat menurut bahasa berarti do'a, sedang menurut istilah adalah suatu bentuk ibadah yang terdiri dari perbuatan dan ucapan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Dan telah diwajibkan kepada manusia untuk beribadah kepada Allah Swt. khusus dalam hal ini terhadap ummat islam yaitu wajib menjalankan sholat wajib 5 (lima) waktu sehari-semalam (17 raka'at). Sholat (baik wajib maupun sunnah) sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan manusia, yang oleh karenanya Allah Swt mengajarkan bila hendak memohon pertolongan Allah Swt yaitu dengan melalui sholat dan dilakukan dengan penuh kesabaran serta sholat dapat mencegah untuk berbuat keji dan munkar. Di bawah ini akan diuraikan tentang sholat-sholat wajib dan sholat-sholat sunnah berikut dengan jumlah raka'at dan waktu pelaksanaanya



Namun disini saya akan menjelaskan tentang sholat sunat tahiyatul masjid, yang dimaksud dengan sholat Tahiyat masjid (Tahiyatul Masjid) ialah sholat yang dimaksudkan untuk penghormatan terhadap masjid sebagai rumah Allah (rumah untuk beribadah kepada Allah) yang biasa dikerjakan orang-orang yang masuk masjid untuk mengerjakan shalat berjamaah, baik siang maupun malam ataupun kapan saja setiap masuk masjid disunnahkan untuk sholat sunat tahiyat masjid.

Adapun Niat Sholat Tahiyatul Masjid


اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى


USHOLLI SUNNATAN TAHIYYATUL MASJIDI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena allah ta'ala

Hikmah disyariatkan shalat tahiyatul masjid

Tahiyatul masjid tergolong sebagai penghormatan terhadap masjid. Seolah memberi ucapan salam ketika masuk ke suatu tempat sebagaimana orang yang memberi salam kepada sahabatnya ketika bertemu.

Imam An nawawi berkata bahwa sebagian yang lain mengibaratkannya dengan memberi. Salam kepada pemilik masjid. Karena maksud dilakukannya shalat tahiyatul masjid adalah mendekatkan diri kepada Allah bukan kepada masjid. Sebab seseorang yang masuk ke rumah orang lain yang diberi salam adalah pemilik bukan rumahnya

Mungkin artikel tentang sholat sunat tahiyatul masjid di cukupkan sekian dulu, semoga ada manfaatnya Amiin.

Advertisement