Cara Dan Niat Mandi wajib Setelah Haid Bagi Wanita Dengan Sempurna

Advertisement
Advertisement
Mandi wajib haid adalah rutinitas setiap wanita yang pasti akan di lakukan minimal setidaknya 1 bulan sekali sebagaimana umumnya masa terjadinya haid datang setiap satu bulan. Bagi perempuan yang sedang berada pada masa tersebut memang terdapat kemurahan dalam hal beribadah di mana dia tidak boleh sholat dan tidak perlu mengqadhanya, serta tidak di perbolehkan puasa namun mesti menggantinya di lain waktu. Mengapa di katakan kemurahan sebab biasanya wanita yang sedang haid keadaan tubuhnya kurang setabil sehingga apabila melakukan aktivitas akan sedikit kurang maksimal.

Sedangkan mengenai mandi wajib sesudah haid hukumnya adalah wajib dan apabila tidak segera di kerjakan maka haram baginya melakukan peribadahan misal salah satunya adalah sholat. Sehingga karena kewajiban ini berhubungan dengan permasalahan ibadah lain sudah tentu dalam pelaksanaannya pun harus benar-benar sesuai terpenuhi segala hal yang telah di syariatkan dan salah satunya harus membaca doa mandi wajib atau populer dengan sebutan niat. Selain juga harus memenuhi tata cara yang benar dan sempurna agar mandinya tersebut sah menurut agama.

Disadari atau tidak bahwa dalam hal mengenai mandi wajib ini kebanyakan orang menganggap hal biasa sehingga mereka dalam pelaksanaannya tidak memperhatikan bagaimana panduan yang benar, mungkin beranggapan bahwa mandi wajib atau besar sama dengan pada umumnya yang biasa di lakukan sehari-hari. Padahal untuk mandi besar ini memiliki tata cara khusus yang benar-benar harus di penuhi oleh orang yang mengerjakannya dalam arti tidak hanya sebatas untuk menyegarkan badan tetapi juga ada nilai ibadah wajib di dalamnya yang harus di perhatikan dengan baik.


Bahkan tidak hanya dalam mandi haid saja tetapi juga meliputi mandi junub dan setelah nifas serta wiladah (melahirkan) yaitu ada syarat rukun yang sama-sama harus di penuhi. Oleh karena itulah pembahsan ini satu persatu akan coba di perjelas bagaimana tata cara serta bacaan doa niat mandi wajib yang benar, agar dalam pelaksanaannya nanti sesuai dengan syariat agama, tidak mengerjakan asal-asalan, sehingga nanti mandipun benar-benar sempurna bernilai ibadah, dan yakin hal ini jarang di perhatikan oleh kebanyakan orang, entah tidak tahu atau bagaimana.

Untuk tata cara mandi wajib pertama yang harus di lakukan yaitu mambaca basmalah dan berniat saat basuhan pertama, kemudian terlebih dahulu membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangannya masing-masing 3 kali, lalu bersihkan dulu kemaluan dan apabila ada najis yang menempel jangan lupa bersihkan dulu, selanjutnya berwudhu sebagaimana ketika akan sholat, Selanjutnya basuhlah tubuh mulai dari pundak ke kepala dan di mulai bagian kanan terlebih dahulu, jangan lupa rambut harus di gosok-gosok agar air sampai ke kulit bawah rambut, serta kulit yang ada di bawah kuku juga harus terbasuh dengan air.

Apabila sudah yakin tubuh seluruhnya telah terbasuh air maka di lanjut dengan membasuh kedua telapak kaki hingga mata kaki, serta di sunnahkan setelah selesai melakukan mandi wajib untuk tidak mengeringkan badan dengan pengering seperti handuk biarkan kering dengan sendirinya, serta di sunnahkan juga melakukannya dengan tertib. Silahkan pahami tata cara dari mandi wajib di atas dengan baik agar bisa di amalkan pada waktunya, dan berikut adalah niat mandi haid secara lengkap.

Niat Mandi Wajib Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى


Nawaitul ghusla lirof'i khadzasil khaidi lillahi ta'aala


Artinya : Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala


Sebenarnya ada banyak hal yang harus di pahami, tidak hanya sekedar setelah niat mandi haid saja tetapi juga bagaimana hukum rambut yang jatuh atau rontok ketika haid, apakah harus di kumpulkan dan di bawa ikut mandi besar, serta apakah bagaimana hukumnya mencukur atau memotong kuku ketika haid. Akan tetapi pembahsan tersebut akan panjang sekali, mungkin lain kesempatan akan coba di erjelas lagi hingga tuntas. Dan untuk saat ini cukup sampai pembahsan cara doa niat mandi wajib setelah haid bagi wanita dengan sempurna, silahkan pelajari dengan benar.
Advertisement