Doa Anak Shaleh Dan Shalehah Untuk Orang Tuanya

Advertisement
Advertisement
Doa Anak Shaleha Dan Shalehah Untuk Orang Tuanya - Doa Mukmin yang hidup kepada Mukmin yang telah meninggal, Allah jadikan sebagai doa yang mustajab. Doa anak soleh kepada orang tuanya yang beriman, yang telah meninggal, Allah jadikan sebagai paket pahala yang tetap mengalir.



dalam satu riwayat, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu dia berkata: Ibuku (Ummu Sulaim radhiyallahu ‘anha) pernah berkata: (Wahai Rasulullah), berdoalah kepada Allah untuk (kebaikan) pelayan kecilmu ini (Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu). Anas berkata: Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berdoa (meminta kepada Allah) segala kebaikan untukku, dan doa kebaikan untukku yang terakhir beliau ucapkan: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan keturunannya, serta berkahilah apa yang Engkau berikan kepadanya.” Anas berkata: Demi Allah, sungguh aku memiliki harta yang sangat banyak, dan sungguh anak dan cucuku saat ini (berjumlah) lebih dari seratus orang. (HSR. al-Bukhari (no. 6018) dan Muslim (no. 2481), lafazh ini yang terdapat dalam Shahih Muslim)

Hadits ini menunjukkan keutamaan memiliki banyak keturunan yang diberkahi Allah ta’ala, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mungkin mendoakan keburukan untuk sahabatnya, dan Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu sendiri menyebutkan ini sebagai doa kebaikan. Oleh karena itulah, imam an-Nawawi mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. (Lihat Syarah Shahih Muslim)

Demikian pula keumuman hadits-hadits yang menunjukkan keutamaan memiliki anak yang saleh, seperti sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Jika seorang manusia mati, maka terputuslah (pahala) amal (kebaikan)nya kecuali dari tiga perkara: sedekah yang terus mengalir (pahalanya dengan diwakafkan), atau ilmu yang diambil manfaatnya (terus diamalkan), atau anak shaleh yang terus mendoakan kebaikan baginya.” (HR Ibnu Majah )

Dan hadits terakhir ini sangat mahsyur dan patut di ketahui di hadits terakhir itu “DO’A ANAK YANG SHALEH/SHALEHAH” itu adalah salah satu amal yg tidak terputus, kalau tidak shaleh/shalehah maka jelas itu tidak termasuk, dan shaleh/shalehah disini tentu adalah anak yang beriman, taat kepada Allah dengan cara menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah

Didalam artekel diatas menerangkan tentang do'a anak sholeh maupun shalehah, dengan adanya artikel tersebut kita selaku umat islam diharuskan berbakti atau mendoakan kepada kedua orang tua kita,dan semoga kita termasuk golongan anak yang patuh dalam ajaran islam amiin..
Advertisement